Lahan Pertanian Berkurang, DKP Lebong Himbau Optimalkan Lahan Tidur

Lahan Pertanian Berkurang, DKP Lebong Himbau Optimalkan Lahan Tidur

Lahan persawahan di Kabupaten Lebong saat ini kian berkurang disebabkan banyaknya alih fungsi lahan persawahan yang dibangun menjadi pemukiman.

Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong menghimbau kepada masyarakat petani agar lebih mengoptimalkan lahan tidur yang ada di daerah tersebut.

Jika masyarakat tidak bisa mengoptimalkan lahan tidur ini dapat memicu terhadap cadangan pangan masyarakat berkurang kedepannya.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong tidak menampik hal itu melalui Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Indra Gunawan mengakui bahwa lahan persawahan di Kabupaten Lebong saat ini sudah mulai berkurang.

Lantaran, kondisi saat ini banyaknya masyarakat yang mengalih fungsikan lahan produktif mereka dengan mendirikan bangunan.

Secara otomatis, hal ini berdampak pada menurunnya hasil produksi pertanian di Kabupaten Lebong. Sedangkan pertumbuhan penduduk terus meningkat  setiap tahunnya, dan harus dijamin ketersediaan pangannya.

“Memang benar lahan persawahan kita saat ini sudah berkurang karena alih fungsi persawahan jadi pemukiman. Dampak dari alih fungsi ini hasil produksi pertanian di Kabupaten Lebong sangat menurun drastis,” kata Indra (19/3).

Sambungnya, untuk mengantisipasi masalah pangan ini, kedepan pihaknya akan mengajukan cadangan pangan daerah ke Pemerintah Daerah. Sesuai dengan peraturan menteri pertanian no 65 tahun 2010 tentang standar pelayanan minimal bidang ketahanan pangan.

“Kedepannya kita akan mengajukan cadangan pangan daerah. Kita berharap masyarakat dapat lebih optimal dalam pemanfaatan lahan tidur yang ada,” pungkas Indra. (bam)

Leave a Comment